Selasa, 06 Desember 2016

Makanan Khas Purwakarta

MASAKAN KHAS PURWAKARTA


Kabupaten purwakarta adalah salah satu kabupaten yang berada di daerah provinsi Jawa Barat. Daerah ini berbatasan dengan langsung dengan Kabupaten Karawang, Subang, Bandung dan Cianjur. Purwakarta sendiri merupakan lokasi yang strategis dalam jalur utama lalu lintas, karena daerah ini berada pada titik-temu tiga koridor utama lalu lintas, yakni Jakarta - Purwakarta, Bandung - Purwakarta dan Cirebon-Purwakarta.
Karena purwakarta merupakan jalur utama dalam lalu lintas antar daerah; bisa dipastikan jalur ini jalur yang dijadikan untuk mencari oleh - oleh para wisatawan yang sedang berlibur ke daerah ini. Kabupaten yang memiliki motto wibawa kerta raharja ini, terkenal denganberbagai macanm makanan khasnya yang menjadi primadona bagi para wisatawannya.


Ada beberapa macam makanan khas purwakarta yang bisa dijadikan oleh - oleh, antara lain sebagai berikut :

1. SATE MARANGGI
Sekilas tidak ada yang membedakan antara sate maranggi dengan sate - sate lainnya yang membedakan dengan sate lainnya hanya bumbu kecapnya yang diolah hingga memiliki cita rasa unik-asam, manis, pedas. Disamping sate maranggi, banyak juga terdapat rumah-rumah makan khas Sunda yang menyajikan ikan bakar, pepes, ayam goreng, ayam bakar (bakakak), lengkap dengan sambaldadakan.

2. SIMPING
Simping adalah makanan khas dari daerah Purwakarta, Jawa Barat. Bentuknya berupa lembaran pipih, bundar tipis, biasanya berwarna putih, dan rasanya gurih. Makanan ini dibuat dari tepung beras yang diberi beberapa bumbu. Simping mirip dengan lembaran yang dipakai untuk menjepit gulali (rambut-rambutan).
Saat ini simping tidak hanya di produksi di Purwakarta, tetapi juga di daerah lain seperti Karawang dan tidak kalah rasanya dengan simping hasil produksi Purwakarta.
3. COLENAK
Colenak atau dikenal juga dengan tape bakar adalah nama yang diberikan pada kudapan yang dibuat dari peuyeum (tapai singkong) yang dibakar yang disantap dengan dicocolkan pada gula jawa cair yang dicampur dengan serutan kelapa. Kudapan ini berasal dari Bandung yang dikenalkan oleh Aki Murdi pada tahun 1930 Penamaan makanan ini merupakan lakuran dari kata dalam bahasa Sundadicocol enak. Dalam teknik memasaknya kandungan gula dalamtapai membuat tapai tersebut mudah gosong - meskipun demikian bagi beberapa orang, ini merupakan bagian yang terenak.
4. OPAK
Opak adalah kudapan kering renyah sejenis dengan kerupuk khas Sunda, Jawa Barat. Opak berbeda bahan dasarnya dari kerupuk. Kerupuk terbuat dari tepung tapioka, sedangkan opak terbuat dari tepung beras yang diberi bumbugaramgula, dan bumbu penyedap.


5. PEUYEUM BENDUL
Peuyeum juga bisa disebut dengan tapai singkong. Tapai singkong adalah tapai yang dibuat dari singkong yang difermentasi. Makanan tradisional ini populer di Jawa dan dikenal di seluruh tempat, mulai dari Jawa Barat hingga Jawa Timur. Di Jawa Barat, tapai singkong dikenal sebagai peuyeum (bahasa Sunda).
Pembuatan tapai melibatkan umbi singkong sebagai substrat dan ragi tapai (Saccharomyces cerevisiae) yang dibalurkan pada umbi yang telah dikupas kulitnya. Pada dasarnya tapai adalah makanan matang setelah melalui proses kukus atau rebus. Ada dua teknik pembuatan yang menghasilkan tapai biasa, yang basah dan lunak; dan tapai kering, yang lebih legit dan dapat digantung tanpa mengalami kerusakan. Tapai kering populer di daerah Priangan utara (Purwakarta dan Subang), dan dikenal sebagai buah tangan khas dari daerah ini (dikenal sebagai peuyeum gantung, karena diperdagangkan dengan digantung.).

Sumber : 





0 komentar:

Posting Komentar